Home / Kesehatan / Sayuran / Cara Menanam Kentang Dalam Polybag
Cara Menanam Kentang Dalam Polybag

Cara Menanam Kentang Dalam Polybag

Bagaimana cara menanam kentang dalam polybag atau Pot ? berikut ini saya akan jelaskan cara menanam kentang yang subur pada pot atau polybag, metode penanaman hampir sama dengan menanam cabe rawit, menanam sawi dan menanam tomat dalam pot yang sudah di jelaskan beberapa waktu yang lalu. namun sepertinya untuk kentang sendiri merupakan salah satu tanaman ubi-ubian kemungkinan untuk merawatnya yang tidak sama.

Pada umumnya untuk menanam kentang sering dilakukan di kebun atau sawah, namun bila anda mempunyai tanah yang luas, tapi dengan menggunakan metode tanam dengan memanfaatkan pot dan polybag kita tidak lagi membutuhkan lahan yang cukup luas, anda bisa menerapkan di sekitaran rumah anda atau bahkan di teras rumah. selain untuk tanaman diri sendiri tentunya akan membuat hiasan pada halaman rumah anda. yang berarti all in one. bisa dipakai untuk sayuran dan hiasan rumah.

Cara Menanam Kentang Dalam Polybag

Untuk menanam kentang yang subur anda membutuhkan beberapa unsur tanah, biasanya unsur tanah yang dipakai terdiri dari 3 jenis unsur yaitu pasir, tanah biasa yang bisa di ambil di sekitaran rumah anda dan satu lagi kompos atau pupuk kandanguntuk memberikan nutrisi pada tanaman kentang secara alami. berikut ini langkah untuk menyiapkan untuk menanam ketang pada polybag mulai dari awal sampai dengan panen.

Tahap Penanam Benih Kentang

Pertama persiapkan polybag ukuran 50 cm X 80 cm. untuk jumlahnya polybag bisa anda atur sesuai dengan berapa banyak kentang yang akan anda tanam. Untuk metode berikutnya anda bisa ambil tanaman kentang yang sudah bertunas. jika anda masih awam silahkan beli beberapa ketang dari pasar, usahakan jangan sampai cacat, ambil yang sempurnan kemudian anda bisa cuci bersi dan taruh pada satu wadah diamkan ketang tadi sampai semi atau bisa juga dengan dengan metode lain yaitu dengan meletakkan pada tanah yang sudah anda siapkan dan usahakan tanah tersebut lembab. Selanjutnya anda bisa menyiapkan media tanam berupa tanah yang sudah anda campur seperti yang sudah saya sebutkan diatas yaitu kompos, tanah dan pasir untuk ukuran tepat 2/4 tanah biasa, 1/4 kompos dan 1/4 pasir, anda bisa atur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Setelah semua tercampur masukkan pada polybag atau pot yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Untuk selanjutnya isi polybag sampai penuh usahakan untuk menyisakan polybag 3 sampai 5 cm, hal ini jika saat anda menyiram tanaman kentang air tidak langsung tumpah. jangan lupa untuk membuat lubang pada bagian bawah polybag, hal ini agar air bisa langsung meresap keluar. karena tanaman kentang sendiri adalah tanaman yang mempunyai karakter tidak begitu menyukai dengan tanah yang lembab atau terlalu banyak air. bila hal ini tidak anda perhatikan kemungkinan tanaman kentang bisa mati.

Tahap Merawat dan Menanam Kentang

Setelah anda mengisi semua polybag dengan tanah sekarang untuk proses menanam kentang. anda bisa menanam biji kentang sampai dengan 4 biji dalam setiap polybag atau pot, usahakan untuk menanam mempunyai jarak yang ideal supaya tanaman kentang bisa tumbuh subur. setelah anda anda isi polybag dengan benih kentang letakkan polybag atau pot di tempat yang agak tinggi, jangan sekali menaruh tanaman kentang dibawah karena akan membuat tanah pada polybag atau pot akan lembab. untuk itu sebaiknya letakkan di atas batu bata, ini yang lebih umum.

Setelah anda menaruh tanaman kentang pada tempat yang cukup tinggi, proses selanjutnya adalah penyiraman, untuk penyiraman awal sebaiknya lakukan setiap hari pada pagi hari, untuk penyiraman hanya satu kali sehari, selama kurang lebih satu minggu hingga benar-benar kondisi ketang sudah berdaun. setelah anda ketahui kentang sudah subur kini saat untuk perawatan pemupukan.

Untuk perawatannya sendiri tidak memerlukan perlakuan khusus, setelah satu minggu anda bisa menyiram kentang setidaknya dua kali sehari dan untuk pemupukan biasanya setelah berumur 20 hari untuk tahap pertama dan tahap kedua pada umur 35 hari semua tergantung dari kondisi iklim di tempat anda.

Masa Panen

Setelah umur 3 sampai 4 bulan umbi kentang  siap untuk dipanen. Untuk memanen kentang sebaiknya dilakukan seminggu sesudah tanaman kentang mati, hal ini ditandai dengan keringnya pada daun serta ujung batang kentang kulit umbi yang kuat. untuk itu jangan lakukan penyiraman pada proses ini selama satu minggu. Bila daun dan batangnya belum cukup kering,  umbi atau kentang akan rendah mutunya. untuk itu perhatikan juga cara panen yang tepat, itulah Cara Menanam Kentang Dalam Polybag dengan mudah, anda bisa aplikasikan sendiri untuk Cara Menanam Kentang, bisa menggunakan polybag atau pot. agar kentang bisa tumbuh subur sebaiknya pada iklim sedang yaitu pada 700 m dari permukaan laut. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin menanam ketang dalam media tanam yang berbeda.

Bagaimana cara menanam kentang dalam polybag atau Pot ? berikut ini saya akan jelaskan cara menanam kentang yang subur pada pot atau polybag, metode penanaman hampir sama dengan menanam cabe rawit, menanam sawi dan menanam tomat dalam pot yang sudah di jelaskan beberapa waktu yang lalu. namun sepertinya untuk kentang sendiri merupakan salah satu tanaman ubi-ubian kemungkinan untuk merawatnya yang tidak sama. Pada umumnya untuk menanam kentang sering dilakukan di kebun atau sawah, namun bila anda mempunyai tanah yang luas, tapi dengan menggunakan metode tanam dengan memanfaatkan pot dan polybag kita tidak lagi membutuhkan lahan yang cukup luas, anda bisa…

Review Overview

Menanam Kentang - 66%

66%

Sayur

Summary : Bagaimana cara menanam kentang dalam polybag atau Pot ? berikut ini saya akan jelaskan cara menanam kentang yang subur pada pot atau polybag, metode penanaman hampir sama dengan menanam cabe rawit, menanam sawi dan menanam tomat dalam pot

x

Check Also

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat sudah menjadi hal yang selalu menakutkan bagi banyak orang, karena adanya ...