Home / Tips-Opini / Cara Mencuci dan Merawatan Kain Sutra
Cara Mencuci dan Merawatan Kain Sutra

Cara Mencuci dan Merawatan Kain Sutra

Banyak yang mengatakan kalau mencuci dan merawat kain sutra sangat merepotkan, namun dengan tips yang saya tulis ini semoga anda bisa memahami dan mudah untuk merawat kain sutra, sebenarnya tidak susah namun kalau kita masih mendengar katanya orang-orang kemungkinan kita sendiri yang ogah untuk merawatnya, semua bisa anda kerjakan sendiri dengan mudah dan gampang. berikut ini cara mencuci kain sutra :

  1. Pisahkan kain sutra dengan kain-kain lainnya: hal ini untuk menghindari kemungkinan kain yang lain akan luntur saat di jadikan satu dengan kain sutra, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya pisahkan saja.
  2. Hindari cara mencuci kain sutra dengan mesin cuci: sebaiknya anda bisa lakukan secara manual saja, langkah ini untuk mengantisipasi rusaknya kain sutra anda yang akibatnya akan kelihatan kusut dan rusak, untuk itu silahkan kerjakan secara manual saat mencuci.
  3. Gunakan Sabun relak sangat di sarakan: jangan sekali-kali menggunakan deterjen karena dalam kandungan deterjen ada semacam zat senyawa alkali yang akan merusak kain sutra dan kemungkinan warna kain sutra akan memudar. kalau anda menggunakan shampoo alangkah baiknya menggunakan Shampoo yang tidak mengandung minyak / petroleum karena dapat membuat permukaan sutra terasa lengket.
  4. Sikat secara lembut dan berlahan: agar kain tidak rusak. jika memang noda susah hilang anda bisa gosok dengan kulit jeruk atau menggunakan cuka pada noda kemudian gosok dengan jari secara lembut sampai noda menghilang kemudian cuci dengan shampoo.
  5. Hati-hati saat Membilas kain sutra: pada tahap pembilasan ini anda tidak di sarankan untuk memeras kain sutra seperti kain pada umumnya, namun lakukan hanya menyiram kain sebanyak 3 sampai 4 kali, direkomendasikan menggunakan air hangat supaya lapisan kain bisa bersinar kembali, agar memeras lebih aman anda bisa menggunakan handuk caranya gulung atau satukan kain dengan handuk kemudian peras secara berlahan sampai air meresap pada handuk.

Cara Mencuci dan Merawatan Kain Sutra

Cara menjemur Kain Sutra, ini merupakan tahap berikutnya setelah anda sudah mencuci dan memeras kain sutra, tips ini tentu tidak sama dengan kain-kain yang lainnya, untuk itu ikuti tips ini agar kain sutra yang sudah anda cuci tadi bisa bersih dan berkilau lagi.

  • Proses penjemuran kain sutra hampir sama dengan menjemur jacket kulit yaitu hindari dari sinar matahari langsung karena hanya akan merusak kain, cukup anda angin-anginkan saja di tempat teduh kalau kain berbentuk sarung yang harus anda lakukan adalah dengan membentangkan sarung pada bambu kemudian di bawahnya masukkan bambu yang diberi pemberat agar kain sarung bisa kembali seperti semula.

Untuk selanjutnya cara menyetrika kain sutra, untuk tahap ini pilih suhu setrika pada tingkatan suhu paling rendah atau  warm pada level silk, pertama-tama setrika bagian dalam kain, kalau anda ingin menggunakan pewangi atau pelembut pakian jangan sekali-kali langsung menyemprotnya namun dengan menggunakan koran caranya tutup kain dengan koran kemudian semprotkan pelembut di atas koran. jangan semprotkan minyak wangi atau parfum pada kain sutra.

Yang terakhir cara menyimpan pakaian kain sutra, untuk hal ini direkomendasikan menggunakan pembungkus kain katun, tidak direkomendasikan menggunakan plastik karena akan berakibat jamur pada kain. kalau anda ingin menggunakan hanger sebaiknya menggunakan hanger yang lembut serta menggunakan busa.

Itulah tips cara mencuci dan merawat kain sutra yang baik, semua ini mudah namun yang pasti akan banyak waktu yang harus anda luangkan namun demi menjaga dari rusaknya kain sutra alangkah baiknya anda mengerjakan ini semua sendiri, semoga tips ini membantu untuk merawat kain sutra anda.

x

Check Also

Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional c

Perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Istilah syariah kini sudah mulai dipakai untuk sebuah badan usaha yang bergerak ...