Home / Blogging / Cara Menghadapi Perubahan Google Pigeon

Cara Menghadapi Perubahan Google Pigeon

Google pigeon merupakan algoritma terbaru yang di lancarkan oleh google, algoritma ini berpengaruh besar pada pencarian lokal yang baru saja di luncurkan pada pencarian website yang berbahasa inggris, perubahan ini sangat di rasakan oleh situs website berbahasa inggris, nah apakah google pigeon ini akan berpengaruh pada pencarian lokal terutama situs berbahasa indonesia? sampai saat ini belum ada yang mengatakan kalau perubahan ini akan membawa dampak buruk pada situs berbahasa indonesia. namun yang pasti kalau situs berbahasa inggris saja sudah menemui dampak dari algoritma google pigeon tentu perubahan ini akan signifikan pada situs berbahasa lain.

Seperti di kutip banyak media digital google pigeon ini di rilis hanya untuk hasil pencarian lokal apakah ini benar? kita kilas balik pada nama -nama algoritma google yang sudah populer yaitu algoritma pinguin, panda dan hummingbird semua versi algoritma dari google mempunyai nama-nama hewan dengana nama-nama ini kita akan tahu bagaimana aktifitas hewan tersebut, banayak yang mengatakan kalau google pigeon ini hanya berdampak untuk pencarian lokal semua pakar melihat dari sisi sifat dari burung dara ini yang tidak akan terbang melampaui batas dari daerahnya, dengan sifatnya itu para pakar seo berpendapat kalau google pigeon hanya akan membawa dampak seo pada lokal saja.

Cara Menghadapi Perubahan Google Pigeon

Secara tidak langsung mungkin google sudah merencanakan untuk algoritmanya kali ini, google akan lebih fokus pada pencarian masing-masing wilayah, karena kalau berfokus dengan berbagai wilayah besar kemungkinan hasil dari pencarian akan tidak relevan lagi, rencana google berawal dari perubahan pada webmaster, google webmaster mengatakan untuk menambahkan tag hreflang agar bahasa situs bisa di targetkan dengan benar dan relevan. inilah yang dikatakan dalam video webmaster pada bulan juli kemarin.

Apa yang harus dilakukan untuk menyesuaikan dengan google pigeon? banyak cara untuk menyesuaikan pada algoritma google pigeon, berikut ini cara yang baik untuk menyesuaikan pada google pigeon:

  1. Fokus Pada Konten Lokal: untuk menyesuaikan hasil pencarian lokal sekaligus untuk menyesuaikan google pigeon syarat mutlak adalah dengan lebih fokus pada konten dengan bahasa kita sendiri, karena google akan membedakan setiap bahasa situs, berdasarkan wilayah dan negara. dengan membuat konten bahasa lokal maka anda sudah membuat suatu perubahan untuk menghadapi google pigeon
  2. Fokus Pada Keyword Lokal: lebih fokus kepada keyword atau kata kunci lokal jangan pernah membidik kata kunci yang aneh-aneh seperti dengan menggabungkan kata kunci bahasa inggris atau bahas indonesia karena tidak akan relevan dengan pencarian lokal, namun tidak di rekomendasikan dengan memakai bahasa gaul karena google tidak akan memprioritaskan bahasa yang tidak baik dan benar. jadi gunakan bahasa lokal yang banyak di minati oleh pengunjung.
  3. Tingkatkan Authoritas Domain: semakin tinggi authoritas domain maka akan semakin baik website anda berada di halaman satu. karena selain membangun kepercayaan situs authoritas domain merupakan situs yang mempunyai arti penting buat search engine terutama google.
  4. Jangan Abaikan Komentar: dengan adanya komentar berarti akan memuat baik situs anda google akan melihat semua komentar dalam postingan artikel, untuk itu selalu menanggapi semua komentar blog asalkan komentar tersebut relevan dengan artikel yang anda tulis.

Itulah cara menghadapi google pigeon kali ini, intinya semua konten di sajikan hanya untuk pengguna bukan untuk mesin pencari karena google sendiri sangat tidak suka dengan konten yang hanya berfokus pada mesin. perbaiki semua bidang konten untuk mendapatkan traffik lokal yang baik.