Home / Otomotif / Cara Merawat Aki Motor & Mobil Supaya Awet
Cara Merawat Aki Motor & Mobil Supaya Awet

Cara Merawat Aki Motor & Mobil Supaya Awet

Aki merupakan onderdil dari sepeda motor dan juga mobil, aki juga merupakan alat untuk membangkitkan starter pada mobil dan motor, fungsi aki adalah penampung listrik sementara yang nantinya arus listrik ini akan dipakai kembali untuk digunakan. nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips buat anda bagaimana caranya merawat aki agar awet, namun disini saya memberi tips hanya untuk aki basah bukan aki kering, untuk merawat aki kering saya akan bahas dipostingan berikutnya saja. karena kalau di bahas postingan ini akan panjang dan tentu saja anda tidak akan paham, yang terpenting bagi saya anda paham apa yang saya maksud itu sudah lebih dari cukup.

Cara Merawat Aki Motor & Mobil Supaya Awet

Melihat kegunaan dari aki sendiri tentu saja anda harus merawatnya supaya awet dan juga dalam keadaan optimal karena kalau aki sudah tekor akan susah sekali kita gunakan apalagi kalau sepeda motor anda menggunakan dinamo starter tentu saja aki menjadi peran penting, dan bagi anda pengguna mobil aki adalah aliran pertama untuk menghidupkan mobil tentu saja aki sangat berperan penting, berikut ini tips merawat aki basah yang baik :

Matikan Komponen Listrik Jika Mesin Mati

Hal yang bisa dilakukan ketika motor dan mobil mati daya listrik masih saja digunakan apalagi kalau mobil anda menggunakan komponen audio tentu saja ketika mesin mati akan banyak memakan daya listrik dari aki, akibatnya aki akan tekor dan waktu mau di starter tidak mau jalan hal ini yang harus anda hindari jadi matikan mesin dan juga arus listrik anda agar aki tidak tekor dan jangan sekali-kali menggunakan arus listrik jika mesin dalam keadaan mati.

Hal yang kedua pada sepeda motor. untuk sepeda motor terbaru biasanya lampu motor langsung dihubungkan dengan aki tanpa melalui putaran dinamo hal ini bisa memicu borosnya daya listrik pada aki. untuk itu matikan saja jika mesin motor anda mati untuk menghindari aki tekor.

Panaskan Mesin jika mau dipakai

Banyak orang mengira bahwa memanaskan mesin bertujuan agar oil pada mesin bisa menyebar kesemua bagian pada mesin, memang hal ini perlu jika motor dan mobil anda lama tidak anda gunakan, namun anggapan ini sebenarnya salah yang pasti semua ini bertujuan hanya untuk menyuplay aki supaya aki mendapatkan aliran listrik (di changes).

Sering-sering Cek Level Aki

Pemeriksaan air aki adalah langkah merawat aki yang benar, karena aki basah sering kali airnya berkurang untuk itu silahkan periksa air aki motor dan mobil anda setiap sebulan sekali, hal ini untuk mengantisipasi agar aki anda dalam kondisi prima, dan jangan sekali anda menambahkan air zoor karena akan merusak komponen pada elemen aki, pakailah air aki yang semestinya dan yang penting lagi jika anda ingin menambahkan air aki jangan sampai tumpah atau melebihi batas level karena kalau air aki tumbah maka kemungkinan besar akan merusak tempat aki.

Periksalah Terminal pada Aki

Hal yang mungkin berikutnya adalah memeriksa terminal pada aki, kalau baut terminal pada aki kurang kuat alias kendor maka akan menyebabkan kerak pada terminal akibatnya aliran listrik dari aki tidak akan maksimal untuk itu periksalah terminal pada aki sesering mungkin dan pastikan terminal aki dalam keadaan bersih tidak berkerak.

Itulah tips dari saya tentang bagaimana seharunya merawat aki basah agar awet dan dalam kondisi baik. ikuti tips saya berikutnya untuk itu silahkan bookmark situs ini dengan menekan pada keybord laptop atau komputer anda control + D dengan demikian anda tidak akan lagi mencari-cari situs ini karena secara otomatis anda bisa langsung akses pada browser anda. semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda.

x

Check Also

Homestay batu

Homestay batu malang dekat BNS

Ingin berlibur ke kota batu malang? Berikut ini adalah info homestay batu ...