Home / Tekno / Category / Gejala Awal Diabetes Melitus

Gejala Awal Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus atau di sebut dengan kencing manis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sisitem insulin karena kelebihan glukosa pada darah. Dan pada dasarnya diabetes melitus di bedakan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes type 1, diabetes type 2, dan gistational diabetes, ke3 jenis tersebut memiliki hubungan dengan gula darah yang berlebih, namun memiliki penyebab cukup berbeda-beda. Untuk lebih detailnya anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya “penyebab penyakit diabetes melitus“. Jika anda sudah membaca dan mengetahui penyebabnya, anda pasti akan bertanya-tanya apa saja gejala awal diabetes melitius?? Dan pertanyaan tersebut akan saya jawab pada artikel kali ini, sebagai pengenalan awal untuk anda, apakah anda menderita diabetes melitus atau tidak?

Baca juga: Manfaat daun ceremai untuk obat.

Gejala Awal Diabetes Melitus

1. Sering buang air kecil.

Gejala kencing manis atau diabetes melitus yang pertama adalah banyaknya peningkatan untuk mendorong buang air kecil lebih sering, jika anda mengalami hal tersebut, alangkah baiknya jika anda cepat-cepat berkonsultasi dengan dokter.

2. Berat badan menurun.

Gejala diabetes melitus yang ke 2, penderita akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Untuk gejala yang ke 2 ini memang sudah menjadi hubungan erat dengan penderita diabetes, karena tubuh tidak bisa menyerap glukosa yang menjadi energi dengan benar.

3. Lebih mudah lapar.

Lebih mudah lapar atau bertambahnya nafsu makan juga menjdi salah satu gejala awal diabetes melitus. Karena sel di dalam tubuh tidak menerima asupan glukosa dari makanan. Sehingga semua makanan yang masuk atau yang sudah di telan di dalam tubuh tidak dapat di proses menjadi metabolisme. Dan itulah penyebab mengapa penderita lebih mudah lapar.

4. Penglihatan mulai kabur, buram.

Untuk gejala yang ke 4 ini biasanya terjadi pada penderita diabetes melitus type 2. penderita mulai mengeluh bahwa penglihatannya mulai kabur atau buram tidak seperti biasanya. Hal ini di sebabkan oleh kadar gula yang naik. Sehingga mengakibatkan pembuluh darah yang membuat cairan yang masuk di dalam mata menjadi lebih terbatas, yang juga bisa merusak lensa dan mata.

Namun, untuk gejala diabetes melitus dengan penglihatan kabur atau buram ini bisa kembali normal jika kadar glukosa dalam tubuh menurun, namun jika kadar glukosa lebih melonjak naik akan mengakibatkan kebutaan yang permanen.

5. Pemulihan luka yang lambat.

Gejala diabetes melitus yang ke 5 ini memang sudah menjadi gejala yang di ketahui banyak orang. Dengan kondisi tubuh yang kurang baik atau dengan kadar gula yang naik, menjadikan sistem imun atau kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan normal, yang membuat proses pemulihan luka atau memar pada tubuh akan menjadi lamban.

x

Check Also

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat sudah menjadi hal yang selalu menakutkan bagi banyak orang, karena adanya ...