Home / Kesehatan / Gejala Diabetes – Penyakit Kencing Manis
Gejala Diabetes - Penyakit Kencing Manis

Gejala Diabetes – Penyakit Kencing Manis

Diabetes atau sering kita sebut kencing manis adalah salah satu penyakit yang kini banyak di derita oleh masyarakat, Bahkan beberapa kasus banyak penderita kencing manis yang tidak bisa diselamatkan. Untuk itu dalam artikel ini akan saya jelaskan tentang beberapa gejala kencing manis atau diabetes. Hal ini sebagai salah satu antisipasi awal untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat hingga tua. Mengenal gejala sakit diabetes atau kencing manis ini sangat penting bagi Anda, karena dari beberapa survei membuktikan bahwa penyakit ini banyak disebabkan karena faktor keturunan. Jadi kalau Anda memiliki keturunan penyakit kencing manis alangkah baiknya Anda membaca hal penting ini supaya Anda bisa antisipasi terhadap penyakit yang kini masih menjadi salah satu penyakit sulit disembuhkan. Sebelumnya Anda bisa membaca tentang penyebab penyakit kencing manis dan juga penyebab penyakit kencing manis atau diabetes. Berikut cara mengenali gejala penyakit kencing manis

Sering Kali Buang Air Kecil

Pada umumnya orang yang menderita kencing manis akan cenderung sering untuk buang air kecil. Hal ini tidak wajar jika kondisi cuaca atau iklim tidak memungkinkan. Jika Anda mengalami hal serupa yaitu sering buang air kecil tanpa ada sebab akibat, Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter, Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi tubuh baik-baik saja atau mungkin karena gejala kencing manis.

Mati Rasa

Tentu Anda sudah tahu apa itu mati rasa? iya mata rasa dalam hal ini adalah sering kali kulit tidak akan terasa atau sering kali mengalami kesemutan. Bagian yang sering kali kesemutan adalah tangan, kaki dan jari-jari, Bila kondisi ini terus berlanjut sebaiknya Anda langsung datangi dokter. Gejala kencing manis masih bisa diatasi bila Anda cepat dan tepat untuk berobat.

Berat Badan Semakin Berkurang

Banyak orang yang mengira bahwa turunnya berat badan karena banyak terbakarnya lemak dalam tubuh, Namun dan tapi banyak penderita kencing manis yang mengalami penurunan berat badan yang dikarenakan tubuh tidak mampu lagi untuk menyerap glukosa atau sumber energi tubuh dengan benar.

Nafsu Makan Menjadi Meningkat

Berikutnya gejala kencing manis adalah nafsu makan yang menjadi meningkat, Gejala ini tidak akan dirasa jika hal ini awal dari penyakit kencing manis. Sebab sel di dalam tubuh tidak lagi mendapat asupan glukosa dari makanan, melainkan karena makanan yang sudah dimakan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh untuk dipakai dalam proses metabolisme, sehingga timbullah tubuh seperti lapar. Hal ini wajib Anda ketahui.

Penglihatan Mulai Kabur/Buram

Gejala awal penyakit kencing manis berikutnya adalah penglihatan akan menjadi berkurang atau kabur. Hal ini bis terjadi karena kadar glukosa menjadi naik, sehingga merusak pembuluh darah dan akan membatasi cairan yang akan masuk ke mata. Akibatnya kesehatan mata akan banyak berkurang karena hal ini.

Proses Pemulihan Luka yang Lambat

Dan yang terakhir gejala penyakit kencing manis atau diabetes yaitu proses pemulihan luka yang sangat lambat. Dalam hal ini Anda harus berhati-hati, Jika tidak kunjung sembuh sebaiknya Anda langsung mendatangi dokter, Sebab kebanyakan dari orang yang menyandang penyakit kencing manis akan sulit bila sudah terluka. Pastikan bahwa Anda langsung pergi ke dokter.

Itulah beberapa cara mengenali diabetes atau kencing manis, Poin penting untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah selalu berolah raga dan makan makanan sehat itu adalah kunci kesehatan tubuh kita.