Home / Promosi / Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah

Jelilah Saat Akan Membeli Sebuah Rumah

Sekarang ini, rumah menjadi salah satu komoditas yang sering diperebutkan oleh sebagian orang., apalagi terletak di lokasi yang cukup strategis dan berada di perkotaan, seperti jual rumah di Bandung. Apabila terdapat perumahan yang baru atau ada rumah bekas yang akan dijual dengan harga yang relative terjangkau maka pastilah rumah tersebut langsung diminati oleh banyak orang.

Namun saat akan membeli rumah dengan harga murah, ada hal yang mesti kita perhatikan saat hendak membeli rumah tersebut, diantarany adalah kelenegkapan surat-surat tanahnya.Untuk jenis surat kepemilikan tanah di Indonesia kurang lebih ada tida jenis surat yang direkomendasikan untuk kelengkapan adminstrasi, diantaranya adalah :

  • Sertifikat hak milik (SHM),
  • Sertifikat hak guna bangunan (SHGB),
  • Sertifikat hak pakai (SHP).

Sangat disarankan bagi anda yang hendak membeli sebuah rumah untuk membeli rumah yang memiliki sertifikat sudah SHM statusnya. Karena SHM merupakan sertifikat kepemilikan tertinggi yang memmpunyai kekuatan hukum serta tidak ada kedaluwarsanya.

Untuk rumah yang status sertifikatnya masih SHGB dan SHP sebenarnya tidak mengapa, namun tipe sertifikat inimesti diperpanjang setiap 15 atau 20 tahun sekali. Akan tetapi jenis sertifikat SHGB dan SHP dapat juga dirubah statusnya menjadi SHM.

Setelah anda mengecek kelengkapan surat-surat langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi serta hal penunjang seperti ada tidaknya fasilitas umum yang dekat dengan lokasi calon tempat tinggal kita, dekat sarana transportasi umum atau tidak.

Disamping itu, jika anda hendak membeli rumah di perumahan yang baru ada banyak hal yang mesti anda lakukan serta pertimbangkan. Karena saat ini banyak terdapat pengembang yang mencoba menawarkan berbagai jenis proyek perumahan, baik itu didalam kompleks maupun diluar kompleks perumahan. Carilah informasi mengenai kredibilitas pengembang tersebut, apakah pengembang tersebut dapat dipegang komitmennya atau tidak, karena ada beberapa pengembang yang ternyata saat membangun rumah tidak sesuai dengan yang dijanjikan pada saat menawarkan rumah kepada calon pembelinya.

x

Check Also

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat sudah menjadi hal yang selalu menakutkan bagi banyak orang, karena adanya ...