Home / Tips-Opini / Tips Cara Merawat dan Membersihkan Karpet
Tips Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Tips Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Karpet adalah salah satu hiasan ruangan yang sering di gunakan di ruang tamu atau di ruang keluarga bahkan hampir semua rumah minimalis menggunakan karpet untuk menambah ke indahan dalam ruangan rumah, biasanya kita kerap menemui saat menjelang hari lebaran para ibu mencuci karpet untuk menyambut hari lebaran, nah disini dan kali ini nita akan berbagi tips lagi tentang bagaimana cara mencuci karpet agar tetap awet serta bagaimana cara mencucinya agar tetap nampak baru kembali, karena banyak sekali kita menemui karpet kusam setelah di cuci, berikut ini cara dan tips nita untuk mencuci dan merawat karpet:

Tips Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

  1. Untuk membersihkan karpet biasanya menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner agar karpet awet lakukan hal ini setiap tiga minggu sekali agar karpet tidak terlihat berdebu dan kotor.
  2. Untuk mencuci karpet setidaknya dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet yang bisa anda beli di super market atau mini market, kalau anda terlalu berat untuk mencuci sendiri anda bisa menggunakan jasa cuci karpet.
  3. Ubah posisi tempat karpet setidaknya 2 bulan sekali maksudnya anda bisa merubah posisi karpet yang tadinya ada belakang di ubah ke depat, kenapa harus dilakukan demikian? tujuannya tidak lain adalah karena kemungkinan pijakan kaki yang sering kita lihat cenderung lebih kusam inilah yang harus dilakukan agar tidak terlalu kusam bisa di lihat.
  4. Hindarkan dari sinar matahari langsung, maksudnya kalau di rumah banyak celah sinar matahari langsung ke karpet dan kemungkinan akibatnya karpet akan kusam lakukan seperti langkah kedua yaitu sering merubah posisi karpet, atau anda bisa menutup celah celah tadi.
  5. Kalau karpet berbau apek anda bisa menggunakan baking soda caranya percikkan merata baking soda pada karpet lalu diamkan selama 30 menit kemudian keringkan dengan menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu.
  6. Kalau bau karpet terlalu tajam anda bisa mencuci pada bagian yang berbau tersebut dengan 20 bagian cuka di campur dengan 80 bagian air kemudian gunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan larutan air cuka tadi. noda yang bau harus segera dibersihkan karena semakin lama noda tersebut menempel, semakin sulit untuk membersihkan.

Itulah cara merawat dan membersihkan karpet agar tetap awet, seringlah memperhtikan kebersihan karpet karena kalau anda tidak peduli kemungkinan karpet akan terkesan tidak indah lagi tapi malah sebaliknya yaitu kusam warnanya jadi nampak sangat kotor, memang untuk mencuci karpet sangat malas namun kalau anda peduli maka semua akan kembali bersih dan indah, dan satu lagi tutup jendela atau pintu bila ada angin besar hal ini untuk menghindari debu yang masuk dan kemungkinan akan mengotori karpet. semoga artikel nita ini bermanfaat. baca tips nita tentang merawat celana jeans agar tetap awet

x

Check Also

Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional c

Perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Istilah syariah kini sudah mulai dipakai untuk sebuah badan usaha yang bergerak ...