Home / Otomotif / Tips Cara merawat Rantai Motor Yang Efektif
cara merawat rantai motor

Tips Cara merawat Rantai Motor Yang Efektif

Rantai motor merupakan salah satu komponen yang sering sekali di gunakan untuk menarik beban yang cukup kuat, banyak yang tidak tahu bahwa kinerja rantai motor sangat berat untuk itu sudah semestinya anda memperhatikan ke tingkat ausan rantai motor, jika motor anda gunakan untuk aktifitas kerja, sekolah atau aktifitas lainnya tentu tingkat ke ausan rantai akan menjadi tumpuan jika anda tidak memperhatikan besar kemungkinan rantai motor anda cepat aus dan sudah pasti rusak sebelum waktunya.

Rantai motor akan cepat aus jika musim panas dan berdebu hal inilah yang sering memicu rusaknya rantai motor, rantai juka akan cepat aus jika musim hujan karena pelumas pada rantai akan cepat habis karena air hujan dan untuk menjawab hal ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara merawat rantai motor agar awet berikut ini tips dari saya:

 cara merawat rantai motor

 

  1. Periksa Kondisi Pin pada rantai: hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah periksa pin pada motor karena kerja rantai sangat kuat besar kemungkinan posisi pin akan berubah, kondisi ini sering kali berpindah jika anda sering melaju dengan kecepatan tinggi, untuk itu selain kita mengukur dan mengatur kekencangan rantai seharusnya juga memeriksa kondisi pin, periksalah pin dan kekencangan rantai minimal setelah 1000KM
  2. Membersihkan Kotoran pada Rantai: langkah kedua selalu membersihkan rantai motor, karena rantai bersifat peka terhadap debu dan air besar kemungkinan kedua sifat ini akan mengotori rantai motor anda, untuk itu bersihkan rantai motor menggunakan cairan spray yang sudah banyak di jual di pasaran.
  3. Potong Rantai Motor: hal ke tiga adalah memotong rantai motor jika memang di perlukan, kemungkinan besar jika anda baru saja membeli rantai baru maka rantai yang anda beli kepanjangan sebab itulah kenapa rantai harus di potong. cukup anda potong satu kali saja dan pastikan kalau pertama kali pasang keadaan pin harus di depan langkah ini di lakukan untuk mengukur kestabilan rantai.
  4. Beli Produk Yang Asli: banyak sparepart yang di jual di pasaran dengan harga yang menggiurkan, demi kelancaran berkendaraan sebaiknya membeli sparepart yang asli suku cadang motor anda, hal ini sering tidak di perhatikan oleh pemilik motor sering kali mereka mengabaikan karena sparepart yang asli terlihat sangat mahal namun perlu anda perhatikan adalah kualitas produk iru sendiri bukan mahalnya.
  5. Kencangkan AS Roda Belakang: yang terakhir adalah mengencangkan AS atau sumbu roda belakang, anda bisa melihatnya sendiri jika as roda belakang kendor maka besar kemungkinan rantai motor anda akan kendor juga, untuk itu periksalah keadaan as roda belakang secara berkala.

Itulah tips cara merawat rantai motor secara efektif, jangan hanya membaca namun semua ini bisa anda maksimalkan jika anda lakuaknan, semua tips ini bisa anda lakukan sendiri tidak harus pergi ke bengkel motor, untuk melengkapi tips saya ini silahkan baca juga cara mencuci motor biar kinclong dan cara mengembalikan cat motor yang sudah buram. semoga tips saya ini bermanfaat.

x

Check Also

Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional c

Perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Istilah syariah kini sudah mulai dipakai untuk sebuah badan usaha yang bergerak ...